/* Scrollbar ----------------------------------------------- */ ::-webkit-scrollbar { height:15px; width: 15px; } ::-webkit-scrollbar-track { background: blue; } ::-webkit-scrollbar-thumb, ::-webkit-scrollbar-thumb:window-inactive { background: blue; border: 2px solid gray; } The Elders Scroll Skyrim Background expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 04 Maret 2015

Review Persona 4 Golden Bahasa Indonesia



Salah satu game yang saya coba adalah Persona 4 Golden. Buah karya ATLUS. Seperti apakah karakteristiknya?, serta kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya.
Jika game role-playing pada umumnya mempunyai cerita yang berkisah pada dunia fantasi, Persona 4 Golden mempunyai konsep yang tampil beda. Sejak pertama kali dirilis, Persona memang memiliki cerita yang sangat istimewa, yaitu mencampurkan latar waktu pada dunia nyata dengan kisah fantasi.
Lebih lengkapnya, game ini mengangkat kisah seorang siswa sekolah menengah Jepang yang pindah sekolah ke wilayah pedesaan, tepatnya ke Inaba. Tempat yang jauh dari keramaian kota ini adalah tempat yang menentukan takdir sang tokoh utama yang bernama Yu ini.


Persona sendiri diartikan sebagai makhluk yang muncul dari kegelapan yang bersemayam di setiap manusia. Kegelapan ini akan menjadi Persona yang jahat jika si pemilik kegelapan tidak bisa menerima semua kekurangan yang dimilikinya. Secara tak langsung, game ini juga mengajarkan kepada pemainnya bahwa manusia bukanlah makhluk tanpa kekurangan dan setiap individu hendaknya dapat memaklumi dan terus menjalani kehidupan sebaik mungkin, meskipun mempunyai kekurangan tersebut.
Melihat dari perusahaan pengembangnya, sudah tentu kita mengetahui bahwa game ini ber-genrerole-playing. Untuk yang belum mengetahui, salah satu karakteristik dari game RPG buatan Jepang adalah disisipkannya fitur random battle (pertempuran yang muncul sepanjang permainan secara acak). Uniknya, meskipun Persona merupakan game J-RPG, sistem pertarungan yang digunakan adalah sistem pertarungan ala barat, yaitu jika musuh telah dikalahkan, maka ia tidak akan muncul lagi.


Selain bertempur melawan kegelapan, Hero juga harus menjaga hubungan baik dengan semua karakter yang ada, baik party maupun non-party. Eratnya hubungan dengan mereka akan meningkatkan kemampuan Hero saat menggunakan Persona dengan kelas tertentu.
Dari enam party yang tersedia, hanya tiga yang bisa mengikuti Hero dalam pertempuran. Mereka juga memiliki Persona yang kuat dengan keahlian masing-masing. Hero bisa memberikan perintah otomatis agar karakter lain dapat bergerak tanpa perlu memberikan instruksi langsung setiap gilirannya tiba.
Secara keseluruhan, game ini tidak memiliki kekurangan yang berarti. Cerita yang menarik dilengkapi dengan voice-acting dan efek suara yang pas, ditambah dengan gameplay yang sesuai akan membuat CHIPers merasakan pengalaman menjadi siswa di Jepang yang penuh dengan petualangan. Menurut saya, Persona 4 Golden merupakan salah satu game RPG terbaik yang pernah ada.

Developer: ATLUS
Publisher: Index Digital Media
Distribusi: Retail dan Digital
Jenis: Role-playing
Batas Umur: Dewasa

Kelebihan:
+ Konsep cerita yang sangat menarik
+ Voice-acting dan efek suara yang sangat pas
+ Pilihan Persona sangat beragam
+ Sistem pertarungan yang menantang
Platform: Playstation Vita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap untuk berkomentar yang sopan dan menjaga etika. Hidup Gamers